Bahan yang Berbahaya untuk Kulit Wajah dalam Kosmetik

Posted on
Bahan yang Berbahaya untuk Kulit Wajah dalam Kosmetik Sudah dibaca 2314 kali

Selama semester I Tahun 2016, Badan POM menemukan 43 (empat puluh tiga) item kosmetika mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit wajah.

Bentuk sediaan dari kosmetika tersebut adalah sediaan mandi, rias mata, rias wajah, perawatan kulit dan sediaan kuku.

Bahan yang berbahaya untuk kulit wajah yang teridentifikasi dalam produk kosmetika tersebut antara lain merkuri, hidrokinon, asam retinoat, deksametason, klindamisin, serta bahan pewarna merah K3 dan merah K10.

bahan yang berbahaya untuk kulit wajah tersebut dilarang untuk digunakan dalam pembuatan kosmetika berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM RI No. 18 Tahun 2015 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika.

Bahan yang Berbahaya untuk Kulit Wajah dalam Kosmetik
Bahan yang berbahaya untuk kulit wajah contohnya adalah Clindamycin dan Deksametason. Clindamycin adalah jenis antibiotik yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat. Sedangkan Deksametason adalah bahan anti iritasi untuk menekan reaksi hipersensitif kulit karena pemakaian cream pemutih.

Penambahan bahan yang berbahaya untuk kulit wajah tersebut ke dalam kosmetika dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan antara lain:

  • Merkuri, banyak disalahgunakan sebagai bahan pemutih/pencerah kulit, bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan teratogenik (mengakibatkan cacat pada janin).
  • Asam Retinoat, banyak disalahgunakan sebagai pengelupas kulit kimiawi (peeling), bersifat teratogenik.
  • Hidrokinon, banyak disalahgunakan sebagai bahan pemutih/pencerah kulit, selain dapat menyebabkan iritasi kulit, juga dapat menimbulkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman) yang mulai terlihat setelah 6 bulan penggunaan dan kemungkinan bersifat irreversible (tidak dapat dipulihkan).
  • Bahan pewarna Merah K3 dan Merah K10, banyak disalahgunakan pada lipstik atau sediaan dekoratif lain (pemulas kelopak mata dan perona pipi). Kedua zat warna ini bersifat karsinogenik.

Dianjurkan untuk para wanita yang melakukan perawatan kecantikan agar menggunakan cream perawatan kecantikan yang bebas dari bahan yang berbahaya untuk kulit wajah.

Untuk informasi dari BPOM yang lebih lengkap dalam bentuk PDF mengenai foto-foto jenis produk kecantikan yang mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit wajah bisa didownload di sini. Silahkan cermati foto dan penjelasannya.

Bahan yang Berbahaya untuk Kulit Wajah dalam Kosmetik

Gunakan produk perawatan kecantikan yang aman dan sudah BPOM

Contoh produk perawatan kecantikan yang aman untuk perawatan jangka panjang adalah produk Theraskin atau produk Immortal.

Keduanya sudah memperoleh ijin BPOM karena telah lolos standar uji kelayakan dan keamanan untuk digunakan dalam perawatan kecantikan wajah dan tubuh.

Selain menyediakan cream perawatan kecantikan Theraskin dan Immortal yang sudah BPOM, kita juga melayani konsultasi gratis sebelum menggunakan produk tersebut.

Silahkan hubungi kita untuk order atau konsultasi.

Sumber : AGEN THERASKIN

Gambar Gravatar

Bitha Agen Theraskin melayani konsul dan order produk Theraskin asli buatan PT Lessential.
SIlahkan konsultasi sebelum menggunakan produk Theraskin.
SMS / WA : 0877 5292 3858 (SMS/WA)